Laboratorium Uji Sifat Termal

Melayani pengujian sifat-sifat termal pada suatu material. Alat-alat uji yang tersedia adalah Differential Scanning Calorimetry (DSC), Melt Flow Indexer, Neraca Digital, dan Furnace.

Program Diploma Administrasi Perpajakan

Alat Uji Laboratorium Uji Sifat Termal

Alat Lab

M-Flow Zwick Roell

Laboratorium Uji Sifat Termal menggunakan alat M-Flow Zwick Roell untuk menguji nilai MFR (Melt Flow Rate) dan MVR (Melt Volume Rate) dari sampel polimer. Sampel yang diuji berupa polimer dalam bentuk granula dengan jumlah minimal 50 gram.

Biaya Pengujian:

Internal:
Rp108.000/pengukuran

Eksternal:
Rp120.000/pengukuran

Alat Lab

Thermolyne Furnace Benchtop Muffle/ Type 48000

Laboratorium ini menggunakan alat pemanasan dengan kemampuan mencapai suhu tinggi hingga 1000°C. Alat ini digunakan untuk menguji berbagai jenis sampel seperti serbuk, gel, atau cair dengan volume maksimal 400 mL, serta dimensi padatan dengan ukuran paling besar 17,8 x 12,7 x 25,4 cm (Panjang x Lebar x Tinggi). Penggunaan alat ini dibatasi hingga maksimal 5 jam per hari.

Biaya Pengujian:

Internal:
Rp72.000/hari

Eksternal:
Rp78.000/hari

Alat Lab

Neraca Analitik Mettler Toledo

Laboratorium Uji Sifat Termal menggunakan neraca analitik Mettler Toledo untuk melakukan pengukuran massa sampel dengan tingkat ketelitian hingga 0,1 mg. Alat ini mampu mengukur sampel berbentuk serbuk, padatan, atau cairan, dengan batasan berat sampel maksimal 200 g.
Alat Lab

Differential Scanning Calorimetry

Laboratorium Uji Sifat Termal menggunakan differential scanning calorimetry untuk menentukan nilai temperatur transisi gelas, melting, dan kristalisasi material. Alat ini digunakan untuk menguji berbagai jenis sampel, baik berupa bubuk, padatan, maupun cairan.

Biaya Pengujian:

Rp235.000/Sampel