Laboratorium Uji Sifat Mekanik

Melayani pengujian sifat-sifat mekanik suatu bahan atau material, seperti kekuatan tarik, kekuatan tekan, dan kekuatan lengkung, serta penghalusan sampel hingga berukuran nanometer. Alat-alat uji yang tersedia adalah Universal Testing Machine (UTM), Ball Mill, dan Sieve-Tronic.

Program Diploma Administrasi Perpajakan

Alat Uji Laboratorium Uji Sifat Mekanik

Alat Lab

Ball Mill (Retsch Emax)

Laboratorium Uji Sifat Mekanik mengoperasikan Ball Mill untuk menghaluskan material padatan menjadi serbuk dengan ukuran nanometer. Padatan dengan diameter butiran maksimal 5 mm dapat diolah melalui layanan ini.

Biaya Pengujian:

Internal: Rp90.000/jam

Eksternal: Rp100.000/jam

Alat Lab

Universal Testing Machine (UTM) WEW-300 A

Laboratorium Uji Sifat Mekanik menyediakan alat Universal Testing Machine (UTM) untuk melakukan berbagai jenis uji mekanik, termasuk uji tarik, uji tekan, dan uji bending pada berbagai jenis material seperti logam, beton, semen, karet, dan lainnya. Laboratorium ini mengikuti standar uji seperti ASTM E8, SNI 1974-2011, ASTM E290, dan SNI 0410-2017 dalam proses pengujian.

Biaya Pengujian:

Internal: Rp39.000/sampel

Eksternal: Rp62.000/sampel

Alat Lab

Sieve Tronic

Laboratorium Uji Sifat Mekanik menggunakan alat Sieve Tronic untuk melakukan proses pengayakan pada sampel serbuk. Alat ini berfungsi untuk memisahkan partikel-partikel kecil di antara partikel-partikel yang lebih besar dalam sampel serbuk.

Biaya Pengujian:

Internal: Rp60.000/hari

Eksternal: Rp72.000/hari